Sejarah Implan Pendengaran

Dikala Ingeborg dan Erwin Hochmair mulai memaksimalkan implan koklea yang akan memungkinkan pengguna untuk memahami diskusi, mereka diberitahu bahwa itu tak akan sukses. Di sini, Erwin membuktikan bagaimana, melewati kecerdikan, kepercayaan, dan ambisi bulat, mereka menggambarkan para kritikus itu salah.

Kegigihan membuahkan hasil
“Syaraf pendengaran mempunyai 20.000 serat – dan Anda mau membangun implan koklea (CI) dengan delapan saluran? Itu tak akan pernah sukses!” Ini merupakan putusan seorang spesialis fisiologi yang terhormat pada pertengahan tahun 1970-an saat kami mengawali profesi kami. “Cuma itu satu-satunya skeptis – spesialis fisiologi terutamanya tahu perihal kompleksitas metode pendengaran dan kerapuhan alat pendengaran komponen dalam. Pandangannya merupakan bahwa delapan saluran tak akan cukup dekat untuk menstimulus segala serat syaraf pendengaran.

Baca juga : Pasang Penangkal Petir

Pada tahun 1975, Ingeborg (ketika itu Desoyer) dan aku mendekati tugas ini jauh lebih optimis saat Kurt Burian, kepala Klinik Universitas Alat, Hidung dan Tenggorokan kedua di Rumah Sakit Awam Wina, bertanya terhadap kami apakah kami mungkin beratensi memaksimalkan CI. Ia sudah mendengar perihal profesi serupa yang terjadi di AS.

Ingeborg baru saja menuntaskan tesisnya di bidang teknik listrik di Universitas Teknologi Wina. Ia seketika antusias dengan pandangan baru ini dan kepositifannya menular. Kami menganggap rangsang listrik syaraf pendengaran sebagai permasalahan yang dapat dituntaskan dengan metode rekayasa. Untungnya aku telah berurusan dengan semikonduktor, sirkuit terintegrasi dan teknologi sirkuit ketika berprofesi sebagai pembantu di Institute for Physical Electronics. Selama dua tahun kunjungan penelitian aku di Marshall Space Flight Center NASA di Huntsville, Alabama, AS, aku memaksimalkan sirkuit memakai teknologi yang sepertinya sesuai untuk sirkuit implan.

Dikala itu: implan pertama
Pada 16 Desember 1977, sesudah jangka waktu perkembangan yang benar-benar singkat selama dua tahun, CI pertama kami ditanamkan oleh Kurt Burian. Itu merupakan implan koklea multichannel mikroelektronik pertama di dunia. Profit dari banyak saluran merupakan bahwa mereka memungkinkan Anda untuk mendengar nada nada yang berbeda. Ini berarti nada tinggi dan rendah benar-benar terdengar tinggi atau rendah ketimbang monoton yang didengar oleh pengguna implan saluran tunggal pertama.

Untuk melindungi metode elektronik dari lingkungan biologis yang lembab di alat pendengaran komponen dalam, kami menempatkan sirkuit di dalam wadah kedap udara dengan kabel keluar yang kedap udara. Implan ini merupakan prototipe untuk segala metode modern, sebab telah mempunyai segala karakteristik perangkat ketika ini. Kalau taktik pengkodean Continuous Interleaved Sampling (CIS) – yang membikin diskusi lebih gampang dipahami – telah dirancang, pasien pertama kami dapat memahami sebagian kata, aku yakin. Alih-alih, ia dapat menikmati ritme kalimat dan bunyi, tapi tak dapat mengobrol.

Artikel lain : Jual Penangkal Petir

Memahami ucapan
Kemungkinan encoding speech benar-benar luas. Mulanya kami mengerjakan penilaian psychoacoustic, dan eksperimen. Ini melibatkan memainkan nada khusus untuk pengguna CI dan minta umpan balik mereka – contohnya apakah bunyi itu keras atau tajam. Terobosan datang dengan metode yang dioptimalkan sebagian waktu kemudian. Itu cuma mempunyai empat saluran rangsang tapi memungkinkan pemahaman kata-kata tunggal di lingkungan yang hening. Pada bulan Maret 1980, pasien CK membawa pulang prosesor bicara saku. Ia merupakan orang pertama di dunia yang dapat memahami diskusi melewati prosesor portabel.

Alat Penangkal Petir

Teknologi hari ini
Selama sebagian dekade selanjutnya, mendengar dengan implan sudah meningkat secara dramatis. Salah satu alasannya merupakan pengembangan dalam pengkodean ucapan – bagaimana pengolah bicara membagi bunyi yang masuk menjadi pita-pita frekuensinya dan mengubahnya menjadi sinyal-sinyal listrik. Tonggak sejarah lain merupakan implantasi bilateral, adalah saat kedua alat pendengaran diimplantasikan. Mendengar dari kedua sisi berarti Anda bisa memahami diskusi dengan lebih bagus – pun di lingkungan yang berisik – dan Anda bisa mempertimbangkan arah bunyi, yang benar-benar berkhasiat dalam lalu lintas jalan. Selama sebagian tahun terakhir, perangkat sudah lebih disempurnakan untuk membikin sinyal bunyi lebih terang dan lebih gampang dipahami.

Melainkan bagaimana dapat keberhasilan yang luar awam dalam pemahaman wicara ini dibeberkan? Dikala kami pertama kali mengawali profesi kami, kami – dan tentu saja tak ada orang lain – pun berani berkhayal bahwa kami akan hingga sejauh ini. Salah satu elemen penting merupakan kecakapan otak untuk menyesuaikan diri, yang sebelumnya benar-benar diremehkan. Ceramah juga yaitu alat komunikasi yang kuat – pun seandainya sebagian rinci sirna, pemahaman cuma sedikit termakan.

 

Selengkapnya : Harga Penangkal Petir