Membeli, Menyewa atau Membuat Gaun Pengantin, Lebih Bagus Mana?

Salah satu hal yang penting dalam pernikahan ialah menyiapkan gaun pengantin, terutamanya bagi calon mempelai wanita. Banyak pertimbangan untuk memilih apakah sebaiknya menyewa saja, membelinya, atau pun membikin sendiri pakaian pengantin pantas keinginanmu. Hal ini tentu saja kembali pada kebutuhan anda, apabila anda berharap gaun pengantin anda berbeda dari yang lain, sebaiknya anda memilih untuk membeli saja. Melainkan, kalau budget anda tidak cukup, sebaiknya anda memilih untuk menyewa saja.

Untuk anda yang akan segera menikah atau yang sedang memikirkan pernikahan, kali ini kami akan menerangkan plus dan minus dalam memilih pakaian pengantin. Tentunya, kau mesti memastikan dari beragam aspek supaya anda dengan konsisten dapat tampil menawan di hari bahagia anda.

1. Sewa baju pengantin
Sekarang telah banyak daerah penyewaan gaun pengantin di beragam tempat. Hal ini tentu kian membikin calon pengantin lebih praktis untuk menyewa pakaian pengantin. Beberapa orang memilih untuk menyewa baju pengantin sebab cuma digunakan satu kali, merupakan di hari pernikahan saja. Menyewa pakaian pengantin juga akan dapat meminimalisir budget sebab anda pasti tahu membikin gaun pengantin tentunya nggak murah. Kecuali itu, kalau anda menyewa karenanya anda tidak perlu mencucinya lagi. Tinggal kembalikan ke daerah penyewaan dan anda tidak perlu repot-repot lagi membersihkannya.

Melainkan, tentu saja seandainya anda menyewa pakaian pengantin, anda tidak bebas untuk memilih baju seperti apa yang kau inginkan sebab alternatif yang terbatas. Belum lagi kalau anda mempunyai ukuran tubuh yang terlalu kecil atau terlalu besar, pasti ini akan kian menyulitkan. Gaun pengantin memang lebih bagus yang ideal di badan. Apabila terlalu longgar atau terlalu sempit tentunya tak akan nyaman. Terutama lagi kau mesti berada dalam pesta selama seharian dan itu akan sungguh-sungguh menyiksamu. Walaupun kau nggak diharuskan untuk mencuci gaun pengantin yang anda sewa, melainkan anda harus konsisten menanggung risiko dan bertanggung jawab kalau ada kerusakan pada baju yang anda kenakan.

2. Membeli pakaian pengantin
Kecuali menyewa, anda juga dapat memilih untuk membeli pakaian pengantin yang anda inginkan. Apabila anda membeli, tentunya anda akan menemukan banyak alternatif contoh pakaian pengantin. Orang yang memilih untuk membeli umumnya sebab dia berharap peristiwa sekali seumur hidupnya dapat dia abadikan melewati baju yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tentunya baju pengantinnya ini dapat menjadi kenang-kenangan berharga untukmu. Anda bahkan dapat menemukan ukuran yang ideal untuk anda. Selain itu, anda juga dapat menyewakan baju yang anda punya ke orang lain sehingga dapat menambah pundi-pundi dompet anda.

Memiliki pakaian pengantin sendiri tentunya menyenangkan. Melainkan, yang perlu kau kenal membeli baju pengantin itu nggak murah. Kau mesti menyiapkan budget lebih sebab harganya dapat menempuh jutaan rupiah. Walaupun, budget untuk pernikahan bukan cuma untuk membeli pakaian pengantin, melainkan juga untuk memikirkan gedung, katering, dekorasi, sampai suvenir. Kecuali itu, kau bahkan mesti menyiapkan daerah untuk menaruh gaun bersejarahmu ini supaya konsisten terjaga dengan bagus dan nggak kencang rusak.

3. Membuat atau mendesain sendiri pakaian pengantin
Kebanyakan orang kebingungan memilih untuk menyewa atau membeli pakaian pengantinnya. Melainkan, ada juga orang yang memilih untuk membikin sendiri pakaian pengantinnya. Apabila anda membikin gaun pengantin sendiri karenanya nggak ada yang bakal menyamai dengan baju milik orang lain. Apalagi kalau Anda adalah orang yang out of the box. Anda dapat mengekspresikan dirimu melewati gaun yang kau kenakan. Anda juga dapat memilih desainer manapun yang anda inginkan untuk menyempurnakan gaun di hari bahagiamu ini dan menyesuaikan baju pengantin supaya ideal di tubuhmu. Dengan kata lain, baju ini akan pantas dengan keinginanmu.

Melainkan, memilih untuk membikin baju sendiri tentunya memerlukan budget yang jauh lebih besar daripada membeli atau menyewanya. Apalagi kalau anda berharap terperinci baju yang cukup kompleks dan desainer kenamaan. Untuk membikin sebuah gaun pengantin, anda mesti merogoh kocek sampai puluhan juta rupiah. Belum lagi, anda memerlukan waktu lebih lama sebab membikin gaun pengantin tidak semudah membikin gaun lain pada lazimnya.

Menyewa, membeli, ataupun membikin sendiri gaun pengantin memang mempunyai plus minusnya sendiri. Melainkan, apa saja yang anda pilih sebaiknya anda mendiskusikannya dengan pasanganmu terutamanya dulu. Sebab pernikahan ialah menyatukan dua orang menjadi satu dan tentunya anggapan dari pasanganmu mesti anda hargai. Jika anda pilih menyewa, membeli, atau membikin sendiri baju yang akan anda kenakan di hari bahagiamu nanti?

Baca juga: kebaya pengantin modern